Pada awal bulan Juli lalu, QNAP meluncurkan produk NAS terbarunya, yaitu seri TS-X51 untuk home dan SMB. TS-X51 tersedia dalam beragam slot (bay) mulai 2, 4, 6, hingga 8. TS-X51 memiliki model tower dengan harga yang ekonomis. TS-251 memiliki fisik berwarna putih dan sudah dilengkapi dengan output HDMI.

Dilengkapi dengan 22nm 64-bit dual-core Intel® Celeron® 2.41GHz, TS-X51 dan 1 GB DDR-3L RAM menjadikan performa TS-251 sangat memukau dan efisien dari segi energi. Clock rate dari processor dual-core Intel® Celeron® dapat bertambah secara otomatis dari 2.41GHz ke 2.58Ghz jika sedang mengerjakan tugas yang memerlukan load CPU yang besar. TS-251 sudah memiliki 2 buah Gigabit LAN port yang dapat dikonfigurasi untuk failover dan menyediakan bandwidth yang lebih besar dan stabil. Kecepatan transfer data dapat mencapai 220 MB/s tanpa enkripsi dan 66 MB/s dengan AES-256bit encryption.

Virtualization Station

Teknologi virtualisasi memberikan efisiensi dalam pengelolaan dan juga ekonomis secara hardware. QNAP mengintegrasikan teknologi virtualisasi ke dalam NAS dan hal ini membuat QNAP NAS menjadi NAS pertama di dunia yang dapat menjalankan virtualisasi di dalamnya. TS-251 dengan harga yang ekonomis sudah mendukung fitur virtualisasi. Dengan melakukan upgrade RAM minimal 2 GB, TS-251 sudah mampu menjalankan Operating System (OS) seperti Windows, Linux dan UNIX. Instalasi OS tidak menggunakan CD/DVD secara fisik tetapi menggunakan file berbentuk ISO.

Untuk menjalankan beberapa OS diperlukan resource CPU dan memori yang lebih besar. TS-251 mendukung penambahan RAM sampai dengan 8GB. Virtualisasi pada QNAP NAS merupakan web-based sehingga dapat dijalankan hanya dengan web browser di sisi client (baik melalui PC maupun tablet).

Tidak hanya melalui web browser, dengan adanya teknologi QvPC, QNAP NAS dapat dioperasikan sebagai PC dengan bantuan monitor, keyboard, dan mouse.

USB 3.0 Expansion Enclosure

Salah satu masalah yang sering dijumpai ketika menggunakan sebuah NAS adalah ketika data penuh dikarenakan kapasitas data yang disimpan terus bertambah. QNAP menghadirkan enclosure seri UX-500P (5 bay) dan UX-800P (8 bay) dengan koneksi cepat USB 3.0 sebagai solusi untuk ekspansi kapasitas seri TS-x51.

Dengan adanya expansion enclosure seri UX ini, kapasitas data yang disimpan tidak perlu dikhawatirkan lagi. UX-500P dapat memberikan tambahan kapasitas sampai dengan 30 TB (5 x 6 TB HDD) sedangkan UX-800P mampu menyediakan kapasitas tambahan sampai dengan 48 TB (8 x 6 TB HDD).

Dari segi instalasi juga cukup mudah, hanya dengan menghubungkan enclosure seri UX ini dengan NAS, maka secara otomatis NAS akan mengenalinya sebagai local drive.

Hemat Energi

TS-251 menggunakan processor 22nm milik Intel dan RAM DDR3L membuat konsumsi energi semakin hemat dan tetap menjamin kinerja yang optimal. Dipadukan dengan fitur S3 sleep, HDD standby, dan schedule power on/off membuat penghematan energi semakin mudah untuk dilakukan.

Conclusion

TS-251 memiliki performa yang cukup bagus dengan harga yang terjangkau. Fitur yang disediakan  juga cukup banyak dan sudah dapat menjalankan virtualisasi. Selain itu, ekpansi kapasitas data juga dapat dilakukan dengan mudah.

Kelebihan:

  • Performa bagus
  • Harga ekonomis jika dilihat dari spesifikasi yang dimiliki
  • Memungkinkan untuk ekpansi jika slot NAS kurang
  • Virtualisasi
  • Hemat energi

Kekurangan:

  • Harus melakukan ekspansi memory untuk menjalankan fitur virtualisasi
  • Tidak memiliki kunci untuk HDD tray
  • Tidak bisa menjalankan banyak OS secara bersamaan